Tips Optimalisasi dan Digitalisasi Bisnis Saat Pandemi

Rabu, 15 Juli 2020 01:51
Administrator
82 Lihat

Bisnis.com, JAKARTA – Digitalisasi menjadi salah satu kunci dalam hal memperkuat merek atau brand agar tetap relevan dan terhubung secara kuat dengan pelanggan. Hal tersebut bakal berdampak pada penjualan dan pendapatan pelaku usaha.

Small & Medium Corporate Lead Microsoft Indonesia Vony Tjiu mengatakan, dunia bisnis harus mampu merespons perubahan yang terjadi secara real-time atau dalam waktu yang bersamaan, tetap terhubung dengan konsumen, serta menjaga keberlangsungan bisnis. Langkah itu terutama dibutuhkan saat munculnya sentimen negatif, seperti adanya wabah Covid-19 yang terjadi saat ini.

Namun, sambungnya, perusahaan selalu menginginkan hasil yang lebih baik dari pemasaran dan penjualan. Akan tetapi keinginan itu tidak diiring oleh solusi pemasaran dan penguatan brand yang dikembangkan.

Baca Juga : Ini Cara Memperkuat Brand Saat Pandemi Virus Corona

Selain itu acap kali para pelaku usaha tidak mengelola data pelanggan yang terfragmentasi menghalangi terbentuknya data pengalaman konsumen yang dapat dijadikan acuan untuk melakukan strategi pemasaran dan branding.

“Kita harus bisa mempersonalisasi pemasaran kita. Artinya, kita harus tahu pasar kita seperti apa dan proses engagement-nya harus seperti apa. Supaya kita bisa mengetahui pengalaman yang dimiliki dan dibutuhkan pelanggan kita,” ujarnya dalam webinar bertajuk Digitalize to Maximize Your Business: How to Maintain Your Brand in Digital Era yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia dan Microsoft Indonesia, Selasa (9/6/2020).

Dia menyebutkan, di Microsoft, transformasi sistem pemasaran dan penjualan yang terjadi menyangkut ke beberapa hal. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates tersebut memiliki program berskala global, mitra yang terintegrasi, koneksi penjualan yang mendalam, dan pemasaran berbasis akun.

Baca Juga : Intip 6 Film dan Acara TV Pilihan Bill Gates di Tengah Pandemi Covid-19

Dalam hal penjualan, perusahaan menjalankan strategi ekspansi dengan cakupan penjualan yang telah ditargetkan sebelumnya. Media sosial juga memiliki peran penting, yakni sebagai navigator dalam hal mengelola bisnis di era digital.

sumber : https://teknologi.bisnis.com/read/20200609/84/1250494/tips-optimalisasi-dan-digitalisasi-bisnis-saat-pandemi

Tinggalkan komentar

0 Komen